Tutorial Memainkan Game Stick Xbox360 menggunakan Game Stick Biasa

Menurut saya beberapa game jika tidak di mainkan menggunakan joystick terasa susah contohnya game olah raga seperti sepak bola, basket,dll.
Pada artikel ini saya akan memberikan tips agar joystick biasa kita dapat di gunakan di banyak game. Lalu bagaimana caranya ? Caranya adalah membuat agar tombol stick kita terbaca oleh game yang kita mainkan dengan menggunakan program dan library gratis yang bernama x360ce.
Sebelum anda menggunakan Xbox 360 Controller Emulator ini harap pastikan windows anda sudah memenuhi standart yang di pinta oleh aplikasi ini. Berikut adalah System Requirements x360ce.
  • Minimal Windows XP SP3 dan lebih bagus lagi windows 7 dan terbaru contohnya windows 8.1.
    • Windows XP SP3 hanya support di library VS2010.
  • .NET 3.5 (sudah termasuk 2.0 and 3.0) (bawaan Windows 7 sudah ada) Jika belum ada silahkan Download .NET 3.5
  • .NET 4.0 (jika 4.5, maka sudah termasuk 4.0) (bawaan Windows 8 sudah ada) Jika belum ada silahkan Download .NET 4.5
    • .NET 4.5 tidak suport di Windows XP SP3, buat pengguna XP SP3 Silahkan  Download .NET 4.0
  • DirectX End-User Runtimes (June 2010) (cocok di semua Windows) Jika belum lengkap silahkan Download DirectX
  • Library pendukung untuk Windows:
    • Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2010 SP1 Download
    • Visual C++ Redistributable for Visual Studio 2013 Download
Setelah anda yakin komputer anda memenuhi System Requirements x360ce maka langkah selanjutnya silahkan download aplikasi Xbox 360 Controller Emulator ke hardisk anda. Di bawah ini saya akan memberikan 2 link download aplikasinya yang terbagi menjadi 2 versi yaitu versi 32bit dan 64bit. Sangat disarankan untuk mendownload versi yang 32bit walaupun Windows yang anda gunakan versi 64bit karena yang dimaksud bit pada aplikasi x360ce adalah bit pada game bukan bit pada Windows.

Download x360ce versi 32bit
x360ce 32bit


Download x360ce versi 64bit
x360ce 64bit

 
Installasi
Setelah selesai mendownload anda akan mendapatkan program dalam bentuk x360.rar. Extract progam tersebut dan akan menghasilkan x360ce.exe copy file tersebut dan pastekan ke dalam folder executable game (folder yang terdapat file .exe untuk play game) yang anda mainkan. Jalankan program x360.exe maka akan keluar kotak aplikasinya. Jika file itu baru dibuka pertama kali maka akan muncul kotak peringatan yang berisi:

x360ce.ini was not found. Do you want to create this file? #pilih_Yes

lalu akan muncul kotak peringatan kedua yang isinya kurang lebih seperti sebelumnya yaitu berisi

xinput1_3.dll was not found. Do you want to create this file? #pilih_Yes



Jika error mengatakan MSVCP120.dll is missing berarti tandanya anda belum memenuhi System Requirements yang saya berikan diatas. Tetapi kali ini saya asumsikan tidak ada error maka kita lansung ke setting pengaturan tombol.

Setelah selesai mensetting tombolnya silahakan save dan close programnya lalu coba play game anda dan biasanya saat anda menjalankan game akan ada bunyi yang menandakan bahwa Xbox 360 Controller Emulator berhasil dan biasanya keluar kotak yang berisi pesan Warning – Configuration file version does not match x360ce version. Agar kotak pesan tersebut tidak terus keluar kamu cukup membuka file x360ce.ini menggunakan notepad lalu tambahkan kode Version=1 di bawah tulisan [Options].
Jika stik tidak berfungsi atau tidak berhasil di game coba ikuti langkah berikut. Exit dahalu game yang kamu main lalu rename / ganti nama xinput1_3.dll dengan salah satu nama dibawah ini.
  • xinput1_4.dll (Windows 8 / metro apps only)
  • xinput1_2.dll
  • xinput1_1.dll
  • xinput9_1_0.dll
Jika masih gagal juga berarti game tersebut belum masuk kedalam list game yang bisa di mainkan dengan Xbox 360 Controller Emulator.
Semoga Artikel ini bermanfaat dan membantu anda. Harap share artikel ini di facebook atau twitter anda agar bermanfaat bagi gamers lain. Jika masih ada yang belum jelas silahkan tinggalkan komentar.
Previous
Next Post »